Sunday, October 3, 2010

Reach Your High Motivation

Kesuksesan merupakan dambaan setiap insan. Berbagai upaya pasti akan ditempuh demi mencapai kesuksesan, bahkan Mount Everest pun akan didaki walau hanya dengan satu jari. Namun tak jarang pula banyak orang yg patah semangat di tengah perjalanan menuju suksesnya. Memang upaya keras, kerja keras, dan kerja cerdas secara optimal amat melelahkan, namun yakinlah akan janji Allah "di balik kesulitan itu ada kemudahan." Maka dari itu sebenarnya modal utama seseorang untuk sukses bukanlah materi, namun MOTIVASI! Tanamkan dalam hati Anda semangat "Set your goals high and don't stop till U get there", cita-cita setinggi-tingginya, kemudian usahalah, dan jangan berhenti sebelum cita-cita Anda tercapai.


Set your goals high and don't stop till U get there


Nah bagaimana men-set motivasi dalam diri kita? Postingan kali ni q bakal share about "How to reach our high motivation" yg materi ini terilhami dari curhatan dosenku di Fisika UGM, Pak Harsojo. Beliau entah mengapa tiba2 mengajarkan sesuatu yang menarik, bukan rumus2 abstrak di papan tulis, tapi malahan curhat ama para mahasiswa. 2 jam yang seharusnya membuat pusing, mumet, puyeng pun malah menjadi kuliah paling asyik (sampe saat ini). Beliau menjabarkan teknik bermotivasi tinggi yang cukup ampuh bagi kita terutama para pelajar. Trus caranya gimana?? Ni q coba ulas kembali apa yg beliau sampaikan (maap ntar kalo ada yg salah, cos saking asyiknya materi beliau, jadi lupa q catet dah, hahaha ^^ ni intinya + q tambah2in dikit lah)


1.Knowing what U want
Pahamilah diri Anda. Terutama apa sebenarnya yang menjadi keinginan dan harapan Anda. Ingin sukses jadi businessman? jadi dokter ahli kandungan? Ingin nikah dg seseorang sehabis kuliah? Pengin pergi liburan ke Arab Saudi jadi TKI? atau ingin sukses dunia akhirat? Camkan target2 Anda tersebut dan jangan lupa imagine your goals, bayangkan jika Anda telah meraih cita2 Anda. Bayangkan Anda menjadi seorang manager perusahaan ternama, setiap hari meeting sana meeting sini, membuat strategi pemasaran terbaik. Pokoknya bayangkan cita2 Anda itu, termasuk kerugian yang Anda dapat. Misal seorang manager pastinya pernah mengalami kesalahan fatal dlm mengatur rencananya, seorang dokter bahkan juga pernah salah memberikan diagnosa, seorang makelar mobil pun bisa juga jatuh bangkrut. Dengan membayangkan plus minus cita2 Anda, nantinya Anda mampu menempuh jalan menuju cita2 Anda dengan lebih mantab, bener khan??


2.Planning how to achieve what U want
Setelah Anda tau apa yg Anda mau, segera rencanakan langkah awal, step by step demi menempuh perjalanan menuju sukses Anda. Ingin jadi atlet lari nasional yg memecahkan rekor dunia? Tentunya Anda juga harus merencanakan proporsi latihan ideal Anda, rencanakan pola makan yg benar. Ingin menikah dengan pujaan hati? Rencanakan bagaimana nantinya Anda (terutama jika Anda merasa seorang pria) menghidupi keluarga, rencanakan bagaimana Anda akan menjalani pernikahan nan langgeng, dan sebagainya. Rencanakan segala sesuatunya dengan mantap, cos perencanaan adalah langkah awal kesuksesan Anda. Q jadi inget nasihat super dari guru Kimia kelas XI SMA-ku, Pak Syafi'i, beliau mengatakan "Jika Anda gagal merencanakan sesuatu, maka Anda sudah merencanakan kegagalan" Nah perencanaan matang membuat perjalanan Anda menuju sukses terlihat lebih mulus dan lancar.


3.Knowing what aids & hindrances in achieving your goals
Lihat baik2 rencana Anda. Perhatikan mana step yang menurut Anda sukar untuk dijalani, mana step yg membutuhkan bantuan orang lain. Kemudian Anda cari solusi dan bantuan yang kiranya mampu membantu Anda selama perjalanan menuju sukses Anda. Misal Anda ingin meraih IPK 3,8 sedangkan menurut list rencana Anda, Anda memiliki kekurangan dan kesukaran dala memahami beberapa materi kuliah. Nah segeralah cari solusi bantuan spy Anda mampu melalui kesulitan tsb. Misalnya Anda bisa berkonsultasi pada dosen Anda ttg materi yg Anda kurang paham, atau Anda bisa hubungi teman anda yang jago dalam materi itu, kalau perlu hubungi kakak tingkat Anda. Jangan lupa bahwa kita akan selalu butuh bantuan dalam mencapai misi kita. Tuliskan semua solusi dari kesukaran yang bisa Anda dapat dengan mudah, solusi yang ada di sekitar Anda. So jika terjadi sesuatu yg tdk disangka2 Anda tinggal lihat list bantuan Anda kemudian hubungilah solusi Anda. Insya Allah hambatan akan berkurang, OK?


4.Committing yourself to a plan of action
Milikilah komitmen tinggi untuk melaksanakan semua rencana yg sudah Anda daftar. Misal jika ingin mengolah sawah dengan baik, berkomitmenlah untuk disiplin menggarap sawah. Hari pertama, hari kedua, hingga hari terakhir laksanakan dengan penuh kesadaran tinggi. Ingin IPK di atas rata2? Berkomitmenlah pada jadwal belajar Anda, kapan Anda mempelajari materi A, kapan materi B, berapa jam Anda berlatih soal2 materi C, serta jangan lupa sediakan waktu istirahat yang cukup. Komitmen tinggi terhadap jadwal kesuksesan Anda, akan membuat jalan kesuksesan Anda lebih terarah dan tentunya cita2 Anda akan tercapai tepat waktu.


5.Coming up with meaningful way to measure your successes
Dan langkah terakhir adalah senantiasa hitung tingkat kemajuan Anda. Tak peduli banyak atau sedikitnya perubahan, yang penting Anda tahu seberapa jauh Anda berkembang. Hitunglah tingkat kemajuan Anda baik secara jangka pendek (harian misalnya) atau jangka panjang (bulanan). Dengan menghitung, Anda akan tahu kelebihan ataupun kekurangan dari rencana kerja Anda. Anda bisa memformulasikan metode baru dalam mencapai tingkat kemajuan yang tinggi. Ingat prinsip Rasulullah bahwa yg dimaksud kesuksesan adalah jika hari ini lebih baik dari kemarin. Tak ada artinya jika hari ini tetap sama dengan hari kemarin. Bahkan celakalah bagi orang yg mengalami penurunan, hari ini lebih buruk ketimbang hari kemarin. So menghitung dan merencanakan ulang adalah suatu momentum mempercepat progress kesuksesan Anda.


Ok itu tadi gimana cara kita spy bisa bermotivasi tinggi. Mari kita laksanakan bersama dengan penuh kesadaran tinggi, tentunya jika ingin sukses.


Thx 4 your time to reading my blog,
See you next time, and
Salam Super untuk semua Sahabat Super (hahaha emangnya Mario Teguh??)

0 comments:

Post a Comment

I like Tsubasa, watch this!

Compilation shots from Captain Tsubasa "Aratanaru Densetsu Joshou" ("New Legend Beginning") Play Station X Game, adaptasi dari komik Captain Tsubasa World Youth (1994), awesome!