Wednesday, January 19, 2011

Railbus, Andalan Baru Wong Solo

Pemerintah Kota Solo berencana untuk mengoperasikan sarana transportasi massal modern baru demi kenyamanan Kota Solo. Padahal beberapa bulan yang lalu Pemkot Solo baru saja meresmikan pengoperasian bus BST (Batik Solo Trans). BST yang merupakan adopsi dari Transjakarta (Jakarta) dan TransJogja (DIY) ini sudah beroperasi efektif dengan dilengkapi shelter di beberapa ruas jalan Kota Solo.

Pemkot Solo kembali ingin memajukan sistem transportasi massal kota dengan perencanaan pengadaan Railbus. Railbus, kendaraan semacam bus namun berjalan di atas rel ini akan dioperasikan sebagai penghubung trayek Solo - Wonogiri - Sukoharjo. Railbus buatan PT. Inka Madiun ini nantinya akan diresmikan pada perayaan HUT Kota Solo Ke-266 pada 17 Februari mendatang. Ingin tau lebih lanjut mengenai railbus Kota Solo? Visit us, Solo the spirit of Java!

Sementara itu, dosen transportasi Fak. Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Dr Eng Syafii MT (ayah dari teman SMA-ku, Shofiyyah Zahrah) menuturkan bahwa Pemkot harus memperhatikan 4 aspek utama terkait rencana operasional Railbus tersebut. Keempat aspek itu adalah kenyamanan penumpang, keamanan, keterjangkauan tarif, dan kepastian waktu. Beliau pun meminta Pemkot untuk bekerjasama dengan pengusaha jasa angkutan umum terkait pengoperasian Railbus. Selain itu, beliau pun meminta agar Pemkot membuat infrastruktur memadai demi kelancaran operasional Railbus terutama di daerah trayek padat lalu lintas seperti di kawasan Gladak.

kompetisi web kompas muda & aqua

kompetisi web kompas muda & aqua

kompetisi web kompas muda & aqua

2 comments:

shofiyyahzahrah said...

ada nama q ada nama q .. uwaa .. terharuuu T T .. aniwei about railbus .. nice idea juga yak .. ahaha

Unknown said...

Byasa ae budhe....

Post a Comment

I like Tsubasa, watch this!

Compilation shots from Captain Tsubasa "Aratanaru Densetsu Joshou" ("New Legend Beginning") Play Station X Game, adaptasi dari komik Captain Tsubasa World Youth (1994), awesome!